PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH




Pendidikan pada hakikatnya memiliki dua tujuan, yaitu membantu manusia untuk menjadi cerdas dan pintar, dan menjadikan mereka manusia yang baik. Terkait dengan aspek manusia yang baik disini merujuk pada moral dan pentingnya pendidikan karakter pada penyelenggaraan pendidikan. Sebagai aspek kepribadian, karakter merupakan cerminan dan kepribadian secara utuh dari seseorang meliputi mentalitas, sikap, dan perilaku. Pendidikan karakter semacam ini lebih tepat sebagai pendidikan budi pekerti. Pembelajaran tentang tata krama, sopan santun, dan adat istiadat, menjadikan pendidikan karakter semacam ini lebih menekankan kepada perilaku-perilaku actual tentang bagaimana seorang dapat disebut berkepribadian baik atau tidak baik berdasarkan norma yang berlaku.
Pengertian pendidikan karakter sendiri yaitu suatu usaha yang dilakukan sekolah secara bersama-sama dengan masyarakat dan orang tua untuk membantu anak – anak untuk memiliki sifat peduli, berpendirian, dan bertanggung jawab. Dan mengapa pendidikan karakter ini penting untuk diterapkan bagi peserta didik antara lain untuk:
1.       Mempersiapkan peserta didik menghormati pihak atau orang lain dan dapat hidup dalam masyarakat yang beragam;
2.       Mengajarkan nilai-nilai budaya merupakan bagian dari kerja peradaban; dan
3.       Merupakan cara terbaik untuk menjamin peserta didik memiliki kepribadian yang baik dalam kehidupannya.
Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter yaitu peran konselor di sekolah, yaitu konselor menjadi pioneer dan sekaligus coordinator program tersebut. Hal itu karena konselor sekolah yang memang secara khusus memilki tugas dan tanggung jawab untuk membantu siswa mengembangkan kepedulian social dan masalah – masalah kesehatan mental, dengan demikian konselor harus sangat akrab dengan program pendidikan karakter.

0 Komentar