Motivasi
belajar secara khusus merupakan gejala aktivitas jiwa manusia yang sangat di
perlukan oleh manusia dalam menghadapi kehidupan yang penuh dengan persaingan.
Seseorang yang memiliki motivasi rendah akan memiliki kinerja, produktivitas,
dan inovasi yang rendah. Akibatnya mereka akan tertinggal jauh dari manusia
lainnya yang memiliki motivasi tinggi dalam menjalani hidupnya.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi motivasi:
Dalam
proses belajar, motivasi dapat tumbuh, hilang atau berubah dikarenakan
faktor-faktor yang mempengaruhinya.Beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi
motivasi belajar,yaitu sebagai berikut:
a. Cita-cita atau Aspirasi
Cita-cita
di sebut juga aspirasi,adalah target yang ingin dicapai.Penentu target ini
tidak sama bagi semua siswa.Cita-cita atau aspirasi adalah tujuan yang ditetapkan
dalam suatu kegiatan yang mengandung makna bagi seseorang (Winkel [1989:96]
dalam Darsono.
b. Kemampuan belajar
Dalam
kemampuan belajar,taraf perkembangan berpikir siswa menjadi ukuran.Jadi,siswa
yang mempunyai kemampuan belajar tinggi biasanya lebih termotivasi dalam
belajar.
c. Kondisi Siswa
Kondisi
siswa yang mempengaruhi motivasi belajar berhubungan Dengan kondisi fisik dan
kondisi psikologi. Biasanya kondisi fisik lebih cepat terlihat karna lebih
jelas menunjukan gejalanya dari dapa kondisi psikologi. Kondisi-kondisi
tersebut dapat mengurangi, bahkan menghilangkan motivasi belajar siswa.
d. Kondisi Lingkungan
Kondisi
lingkungan adalah keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
Ketiga lingkungan tersebut sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
e. Unsur-unsur Dinamis dalam Belajar
Unsur-unsur
dalam belajar adalah unsur-unsur yang keberadaannya dalam proses belajar tidak
stabil, kadang-kadang kuat, kadang-kadang lemah,dan bahkan hilang sama sekali,
khususnya kondisi yang sifatnya kondisional.
f. Upaya Guru Membelajarkan siswa
Guru
mempersiapkan diri dalam membelajarkan siswa mulai dari penguasaan materi
sampai dengan mengevaluasi hasil belajar siswa. Upaya tersebut berorientasi
pada kepentingan siswa yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar.
Motivasi
memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran, apabila orang di sekitarnya
memilik berbagai cara untuk memotivasi anak tersebut maka mungkin, bahwa anak
tersebut akan memilik hasrat dan dorongan belajar yang lebih baik. Dengan
adanya kita memberi motivasi yang baik maka anak tersebut akan
menyadari dan akan belajar agar tujuan yang diinginkan dapat di wujudkan.
Seorang guru hanya sebagai motivator dan inspirator artinya sebagai motivasi
dan insprasi guru di harapkan dapat menceritakan jalan kesuksesan dirinya
hingga anak yang mendengarkan akan terpacu hasratnya untuk mencontoh gurunya,
guru merupakan inspirasi bagi mereka, jadi jangan heran apabila ada bebarapa
anak yang ditanya mau apa jadi besarnya mereka biasanya akan mengatakan saya
ingin menjadi guru. Dan juga guru diharapkan dapat membuka potensi anak
didiknya lewat motivasi-motivasi yang dia berikan.
0 Komentar